Senin, 12 November 2012

DEBY NOVIA (1112051100006) JURNALISTIK I A-HMI


Judul Penelitian                :  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan perkaderannya
Peneliti                 :  Deby Novia (1112051100006)
 
I.        Latar belakang
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah salah satu dari beberapa organisasi mahasiswa islam yang terdapat di Indonesia. HMI merupakan organisasi tertua dari organisasi-organisasi mahasiswa islam yang ada. HMI mempunyai cabang diseluruh daerah. HMI merupakan salah satu organisasi terbesar dan mempunyai kader yang cukup banyak. HMI didirikan di Yogyakarta pada tanggal 5 Februari 1947, atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Yogyakarta.
II.      Pertanyaan pokok
 
a)      Bagaimana sejarah berdirinya HMI?
Lafran Pane mengadakan pembicaraan dengan teman-temannya mengenai gagasan membentuk organisasi mahasiswa bernafaskan Islam dan setelah mendapatkan cukup dukungan, pada bulan November 1946, ia mengundang para mahasiswa Islam yang berada di Yogyakarta baik di Sekolah Tinggi Islam, Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada dan Sekolah Teknik Tinggi, untuk menghadiri rapat, guna membicarakan maksud tersebut. Rapat-rapat ini dihadiri kurang lebih 30 orang mahasiswa yang di antaranya adalah anggota Persyerikatan Mahasiswa Yogyakarta dan Gerakan Pemuda Islam Indonesia.
Rapat-rapat yang digelar tidak menghasilkan kesepakatan. Namun Lafran Pane mengambil jalan keluar dengan mengadakan rapat tanda undangan, yaitu dengan mengadakan pertemuan mendadak yang mempergunakan jam kuliah Tafsir oleh Husein Yahya. Pada tanggal 5 Februari 1947 (bertepatan dengan 14 Rabiulawal 1366 H), di salah satu ruangan kuliah Sekolah Tinggi Islam di Jalan Setyodiningratan 30 (sekarang Jalan Senopati) Yogyakarta, masuklah Lafran Pane yang langsung berdiri di depan kelas dan memimpin rapat yang dalam prakatanya mengatakan : "Hari ini adalah rapat pembentukan organisasi Mahasiswa Islam, karena semua persiapan yang diperlukan sudah beres".
 
b)      Mengapa banyak mahasiswa yang memilih HMI sebagai organisasi yang mereka ikuti?
1.       HMI merupakan organisasi terbesar dan tertua di Indonesia
2.       HMI banyak mengajarkan sesuatu yang positif
3.       HMI merupakan pilihan yang terbaik
4.       HMI diharapkan dapat menjadi pintu keberhasilan bagi para anggotanya
 
III.    Metode penelitian
 
Metode penelitian  : Kualitatif
Lokasi penelitian    : Fakultas ilmu dakwah dan komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Waktu penelitian     : Kamis, 8 November 2012
 
IV.    Gambaran subyek/obyek penelitian
Halim Pratama selaku anggota HMI dan mahasiswa UIN syarif hidayatullah
V.      Analisis
 
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi mahasiswa tertua dan terbesar. HMI juga mempunyai andil cukup besar terhadap perkembangan pengetahuan mahasiswa. Karena menurut penelitian, banyak mahasiswa yang menganggap HMI adalah kampus kedua, atau tempat kedua dimana mereka mendapatkan ilmu secara segi akademis dan segi agamis. Banyak ilmu yang didapat dari HMI yang tidak mereka temukan di bangku perkuliahan. HMI juga mengajarkan cara berorganisasi yang baik. Untuk menjadi kader HMI tidak mudah. Mereka harus melewati berbagai proses dan akan dinyatakan sebagai anggota jika dinyatakan lulus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini