Senin, 12 November 2012

Nur Fajri Rahmawati_lap2_PERMAJA JAYA_jrnlistk1a

                                            PERMAJA JAYA
(PERSATUAN MAHASISWA JAMBI JAKARTA RAYA)
 
NAMA            :  Nur Fajri Rahmawati
NIM                : 1112051100023
Jurusan            : Jurnalistik 1a
 
I.                   Latar Belakang
 
PERMAJA JAYA suatu kumpulan/kelompok yang mempunyai satu tekad dan tujuan yang sama karena dengan berorganisasi dapat dipandang sebagai suatu Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama atau orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama. Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya. Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara dan dengan membentuk orrganisasi ini suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
 
II.                Pertanyaan pokok penelitian
 
1.      Semenjak kapan PERMAJA JAYA didirikan dan adakah komunitas lain selain PERMAJA JAYA di UIN (Universitas Islam Negri) syarif hidayatullah Jakarta?
 
Pada tahun 1997  telah didirikan komunitas dengan nama Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya  namun pada tahun 2002 nama itu telah dubah  menjadi PERMAJA JABODETABEK dikarenakan untuk menjalin kesetaraan dalam setiap daerah agar tidak terjadi perbedaan di dalam komunitas  ini karena PERMAJA ini tidak hanya untuk masyarakat Jambi melainkan untuk setiap daerah di seluruh Indonesia. Dan PERMAJA sendiri telah diresmikan dan  diakui oleh gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.
 
Selain PEREMAJA ada  komunitas lain untuk mahasiswa Jambi di Jakarta yang berada di UIN (Universitas Islam Negri) yaitu IKMAJA (Ikatan Mahasiswa Jambi Jakarta) dan adapula komunitas di luar UIN (Universitas Islam Negri) ada HIMBOJA (Himpunan Mahasiswa Bungo Jambi), HIMSAR (Himpunan Mahasiswa Sarolangun) dan ada lain sebagaimana adapun yang disebutkan hanya beberapa komuitas yang popular dan resmi, disetiap himpunan komunitas diatas yang telah disebutkan tetap berinduk pada PERMAJA JAYA.
 
 
2.      Darimana sajakah  pemasukan dana yang di dapatkan untuk PERMAJA JAYA ?
 
Adapun dana masukan yang kami terima untuk membantu keuangan komunitas kami  didapatkan dari dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan dana tersebut juga didapatkan dari masukan  berdasarkan uang kas bulanan BMJK ,adapun yang dimaksud dengan dana BMJK adalah dana yang dikeluarkan oleh anggota PERMAJA yang telah sukses.
 
III.             Metode Penelitian
 
Metode penelitian  yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara saya terjun langsung kelapangan dengan mengajukan pertanyaan kepada rekan yang ingin saya tanyakan (metode wawancara). Penelitian ini dilakukan pada Kamis, 8 November 2012 . serta bertempat di seven eleven (sevel) UIN syarif Hidayatullah Jakarta dan saya melakukan penelitian pukul 10.00 WIB. Dengan narasumber Ricardo Denay.
 
 
IV.             Gambaran Subyek Penelitian
 
Ricardo denay, Lahir pada tanggal 1 Agustus  1993 di rantau panjang kabupateen Bangkok ,Jambi . Sekarang dia menempuh penndidikan di UIN syarif hidayatullah jakarta fakultas adab dan humaniorah jurusan bahasa dan sastra arab. Sekarang dia mengikuti organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) dan PERMAJA JAYA sebagai sekretaris umum.
 
 
 
V.                Analisis
 
Pada tahun 1997  telah didirikan komunitas dengan nama Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya  namun pada tahun 2002 nama itu telah dubah  menjadi PERMAJA JABODETABEK dikarenakan untuk menjalin kesetaraan dalam setiap daerah agar tidak terjadi perbedaan di dalam komunitas  ini karena PERMAJA JAYA  ini tidak hanya untuk masyarakat Jambi melainkan untuk setiap daerah di seluruh Indonesia. Dan PERMAJA JAYA sendiri telah diresmikan dan  diakui oleh gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.
 
PERMAJA JAYA ini bervisi untuk mempererat silahturahmi anatar setiap daerah dan PERMAJA JAYA pun juga memiliki misi yang bersandarkan syariat berbandingkan syarat – syarat berbanding kitabullah yang dimaksud misi disini adalah Jambi mempunyai banyak suku dan memiliki latar  belakang suku berbeda tetapi tetap memiliki satu tujuan apapun masalahnya pada komunitas`ini tetap sesuai dengan syariat islam.
 
PERMAJA JAYA himpunana mahasiswa yang bergerak untuk menjalin silahturahmi antar daerah serta membentuk kerjasama dalam  himpunan mahasiswa lainnya untuk membantu masyarakat lainnya. Selain PERMAJA JAYA ada  komunitas lain untuk mahasiswa Jambi di Jakarta yang berada di UIN (Universitas Islam Negri) Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu IKMAJA (Ikatan Mahasiswa Jambi Jakarta) dan adapula komunitas di luar UIN (Universitas Islam Negri) ada HIMBOJA (Himpunan Mahasiswa Bungo Jambi), HIMSAR (Himpunan Mahasiswa Sarolangun) dan ada lain sebagaimana adapun yang disebutkan hanya beberapa komuitas yang popular dan resmi, disetiap himpunan komunitas diatas yang telah disebutkan tetap berinduk pada PERMAJA JAYA.
 
Sejak berdirinya PERMAJA JAYA banyak program yang dibuat oleh komunitas ini berupa seminar, pelatihan tari (seni), TPA, Futsal, BAKSOS (Bakti sosial) dan lain – lain, Namun setiap dua minggu sekali komunitas ini menggelar acara perlombaan Futsal .
 
 
 
 
 
 
 
VI.             Daftar Pustaka
 
Ricardo denay, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta :2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini