Senin, 12 November 2012

TUGAS 8 / PENILAIAN AGAMA DALAM PANDANGAN POLITIK / SITI AISYAH / KPI 1E

PENILAIAN AGAMA DALAM PANDANGAN NASIONALISME
PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN)
 
Nama  : SITI AISYAH
Nim     : 1112051000144
 
A.     Latar Belakang
Partai PAN ini berdiri sudah mencapai 14 tahun yang didirikan oleh Prof.Amin Rais. Partai PAN sendiri juga sudah banyak malakukan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat diantaranya dalam bidang kegiatan sosial, mambantu dalam bidang pendidikan dan bantuan pada kaum duafa dan tentunya dalam bidang keagamaan karena partai PAN lebih menimbulkan bercak agama pada kinerjanya demi terwujudnya visi dan misi untuk bangsa serta rakyat ini .
 
B.      Pertanyaan pokok
 
1.      Agama dalam kehidupan partai PAN ini seperti apa ?
2.      Bagaimana pandangan Partai PAN ini dalam menilai agama tersebut ?
 
C.      Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif , agar dapat lebih mendalam untuk mendapatkan sebuah penelitian.
Waktu                   : 07 November 2012, pukul 14.00-16.30
Tempat                 : Kantor Pusat Partai Amanat Nasional (PAN)
                                                Jl.Tb.Simatupang, Jakarta Selatan
 
D.      Gambaran Tokoh
Nara sumber oleh bapak Anton Syafriuni.S.sos. yang merupakan wakil sekretaris jendral  dari DPP PAN pusat. Beliau merupakan tokoh yang cukup aktif dalam bidangnya baik berupa pendidikan dimana beliau menjadi seorang dosen serta aktif dalam organisasi PAN ini.
E.       Analisis
1.)    Partai PAN ini merupakan partai yang berlandaskan nasionalisme yang didalamnya berpandangan dengan bhineka tunggal ika. Agama menurut partai PAN ini tidak harus ditunjukkan dengan praktek agama dalam partai, kedudukan agama dan nasionalisme adalah harus sama yang artinya imbang tidak menuntut pada satu arah.
2.)    Dalam landasan keagamaan PAN itu perpandangan pada bhineka tunggal ika yang artinya kedudukan masyarakat adalah saa dimata hukum. Dalam lingkup PAN banyak yang berbeda agama yang bekerja didalamnya karena PAN tersebut mempunyai Visi yaitu, menunjukkan PAN sebagai partai polotik terdepan dalam mewujudkan masyarakat mandiri yang adil dan makmur, bersih didalam negara indonesia yang demokratis dan berdaulat serta  diridhai oleh Allah SWT .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini