Senin, 17 November 2014

Muhammad Arif Fathurrahman_1112051000154_KPI 5E_Tugas ke-7

Nama : Muhammad Arif Fathurrahman

NIM : 1112051000154

Kelas : KPI 5E

Tugas Ke-7

Kode Etik Lembaga Komunikasi (Kode Etik Guru Indonesia)

Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Bila dikaitkan antara kode etik dengan perspektif Filsafat maka akan dibagi menjadi tiga bagian: ontologi, epistimologi, dan aksiologi.

Ontologi merupakan cabang filsafat mengenai sifat (wujud) atau hakikat keberadaan. Dalam hal ini, pemahaman ontologi dapat dijelaskan dengan adanya Kode Etik Guru. Pertanyaan yang timbul adalah mengapa Kode Etik Guru itu ada? Kode Etik Guru diperlukan seorang guru sebagai pedoman perilaku guru Indonesia dalam menjalankan tugas keprofesionalannya. Guru sebagai pendidik adalah jabatan profesi yang mulia. Oleh sebab itu, moralitas guru harus senantiasa terjaga karena martabat dan kemuliaan sebagai unsur dasar moralitas guru itu terletak pada keunggulan perilaku, akal budi, dan pengabdiannya.

Epistimologi merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, dan metode. Dalam hal ini, pemahaman epistimologi dapat dijelaskan dengan pertanyaan apa alasan adanya Kode Etik Guru? Kode Etik Guru sesungguhnya merupakan pedoman yang mengatur hubungan guru dengan teman kerja, murid, wali murid, pimpinan dan masyarakat serta dengan misi tugasnya. Guru merupakan pengemban tugas kemanusiaan dengan mengutamakan kebajikan dan mencegah manusia dari kehinaan serta kemungkaran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun watak serta budaya, yang mengantarkan bangsa indonesia pada kehidupan masyarakat yang maju, adil dan makmur, serta beradab berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Aksiologi merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan nilai serta kegunaannya. Dalam hal ini, pemahaman aksiologi dapat dijelaskan dengan pertanyaan apa fungsi dari Kode Etik Guru? Kode Guru Indonesia berfungsi sebagai seperangkat prinsip dan norma moral yang melandasi pelaksanaan tugas dan layanan profesional guru dalam hubungannya dengan peserta didik, orangtua/wali siswa, sekolah dan rekan seprofesi, organisasi profesi, dan pemerintah sesuai dengan nilai-nilai agama, pendidikan, sosial, etika dan kemanusiaan. Guru dituntut untuk menjalankan profesinya dengan ketulusan hati dan menggunakan keandalan kompetensi sebagai sumber daya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia utuh yang beriman dan bertakwa serta menjadi warga negara yang baik, demokratis, dan bertanggung jawab.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini