Senin, 17 November 2014

Arif Syahrizal 1112051000133 KPI 5 E

Nama                           : ARIF SYAHRIZAL
NIM                            : 1112051000133          
Tugas                           : ke 7
 
IKATAN PENGAJIAN REMAJA TANAH KUSIR ( IPISTA)
 
Ontologi          :
Banyak para remaja yang tidak bisa memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang positif akan tetapi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berhuru hara atau melakukan kegiatan yang kurang baik serta dapat menimbulkan pengaruh yang  buruk bagi anak-anak di bawah umur, maka dari itu saya mendirikan pengajian agar bisa menjadi tauladan yang baik bagi para remaja yang lainnya.
 
Epistemologi   :
Pendirian pengajian ini di himpun oleh para remaja-remaja tanah kusir yang di mana dalam setiap pengajian tersebut lebih di dominasi oleh para bapak-bapak, namun pada dasarnya bapak-bapak mengikuti pengajian tersebut hanya sebagai pendorong semangat para remaja serta sebagai pembimbing dalam pengajian tersebut agar pengajian tersebut tidak lepas dari norma-norma atau adat kebiasan yang sering dilakukan oleh para orang-orang yang terdahulu sehingga makna yang disampaikan  bisa sama dan merata. Pengajian ini didirikan atas dasar keperihatinan terhadapa para remaja yang sekarang-sekarang ini lebih mementingkan bergaul atau nongkrong dibandingkan duduk untuk mendengarkan siraman rohani.
Pengajian ini baru didirikan tiga bulan yang lalu yang diketuai oleh saya sendiri Muhammad Soleh. Ada pun orang-orang yang saya anggap sebagai pembimbing saya dan memang beliaulah yang mengusulkan tentang pendirian pengajian ini, yaitu : Ustadz H Muniri dan Ustadz Satirih.
Pada awalnya kami ragu untuk mendirikan pengajian ini karena yang kami ketahui bahwa pada saat ini lebih banyak para remaja yang lebih memilih nongkrong untuk bergaul dibandingkan dengan duduk didalam majelis atau pengajian, namun setelah kita musyawarahkan dengan para pemuda yang  biasa sering mengikuti pengajian di luar daerah tanah kusir dan dorongan dari para asatidz setempat kita memutuskan untuk mendirikannya dan kami pun didukung oleh para remaja yang tergabung dalam musik irama Arab atau yang biasa disebut dengan Hadroh dari lingkungan tanah kusir. Kami pun mendapatkan ada 3 group hadroh yang ingin membantu kita dalam mengembangkan tingkat keislaman para remaja yang sering menongkrong.
Aksiologi         :
            Dalam aksiologi, ada dua penilain yang umum digunakan, yaitu etika dan estetika. Etika adalah cabang filsafat yang membahas secara kritis dan sistematis masalah-masalah moral. Kajian etika lebih fokus pada prilaku, norma dan adat istiadat manusia. Etika merupakan salah-satu cabang filsafat tertua.
Pengajian ini didirikan agar para remaja yang terbiasa menongkrong bisa terbawa arus oleh pengajian ini sehingga generasi penerusnya bisa bertambah banyak. Dalam pengajian ini juga terdapat irama musik Arab sehingga kelihatannya lebih menarik dan tidak diam mendengerkan sang da'i yang membawakan ceramah atau siraman rohani tentang agama, akan tetapi agar juga bisa lebih rileksdan terpaku dengan sang da'i saja dan dalam musiknya tersebut juga merupakan musik-musik atau yang biasa disebut dengan syair-syair yang menarik.
            Syair-syair ini lah yang kami gunakan untuk menarik perhatian para remaja agar lebih rileks lagi dalam menerima masukan ceramah tentang agama dan syair-syair tersebut di lagukan dengan suara yang enak dan merdu, karena suara yang enak didengar merupakan salah satuh metode untuk menarik perhatian seseorang terhadap media tersebut.
            Banyak manfaat yang diberikan dari pengajian tersebut, yang diantaranya adalah mendapat siraman rohani atau agama, karena dalam pengajian tersebut terdapat ceramah-ceramah yang mengesankan dan penceramahnya pun tidak jauh pula didatangkan akan tetapi dari para mubaligh setempat agar para remajanya pun tidak kaku deng sang penceramah dan sang penceramahnya pun bisa lebih leluasa dalam menyampaikan isi ceramahnya.
            Dalam pengajian tersebut merupakan wujud dari bentuk silaturahim antara sesama umat islam yang dimana islam mengajarka kita untuk selalu menjalin silatuhrahim antar sesama umat, karena dalam silatuhrahim tersebut banyak terdapat  berkah dan rahmat dari Allah SWT. Mengapa saya mengatakan dalam pengajian ini terdapat silatuhrahim? Karena dalam pengajian tersebut melibatkan banyak remaja dari berbagai majelis yang berbeda serta pimpinan yang berbeda pula dan begitu pula saat pengajian berlangsung pasti banyak orang yang terlibat kedalam pengajian tersebut. Bahwa Rasulullah SAW bersabada bahwa didalam perbedaan itu terdapat rahmat.
            Pengajian ini diadakan setiap minggu pertama awal bulan dan dalam pengajian ini juga tidak dipungut biaya, akan tetapi lebih mementingkan kepnetingan umat yang butuh akan siraman agama. Mansuia itu bukan makhluk yang sempurna akan tetapi manusia itu makhluk yang membutuhkan kesemournaan agar dapat dipandang baik oleh sang maha baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini