Selasa, 01 Desember 2015

 

Fatia Nurul Ismi KPI 1A (11150510000046)

Robiyatul Adawiyah Jurnalistik 1B (11150510000263)

 

 

                                                            BAB 1

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Kisah sukses sebuah perusahaan yang mampu bertahan hingga puluhan, bahkan ratusan tahun selalu menarik menjadi kajian. Apalagi jika perusahaan itu semakin berkembang pada usia yang tidak muda lagi. Begitu pula dengan perusahaan yang tumbuh dan berkembang tapi tidak mampu mempertahankan eksistensinya hingga akhirnya bangkrut.

Maskapai penerbangan Indonesia pada saat ini sudah memasuki penerbangan berkualitas dunia dan masuk ke dalam 7 besar penerbangan terbaik dunia, hanya satu dari beberapa maskapai penerbangan Indonesia yang masuk kedalam 7 besar penerbangan terbaik dunia yaitu Garuda Indonesia, Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut

 Beberapa  Alat transportasi udara ini pada bulan sebelumnya yaitu Desember 2014 mengalami banyak masalah dimulai dari pesawat yang jatuh ketika menuju Singapura yang jatuh di peraian Kalimantan dan memakan banyak korban jiwa, kemudian masalah beberapa maskapai yang meraup keuntungan menerbangkan pesawat tidak sesuai jadwalnya dan membuat para penumpang menjadi korban keterlambatan akibat beberapa maskapai yang melakukan tindak curang

 

 

                                                                  BAB II

                                                      TINJAUAN TEORITIS        

1.      Aliran Marxisme

Marxisme adalah sebuah paham yang berdasar pada pandangan-pandangan Karl Marx. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan system politikPengikut teori ini disebut sebagai Marxis.

Marxisme mencakup materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya pada kehidupan sosial . Marxisme merupakan dasar teori komunisme modern. Teori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang dibuat oleh Marx dan Friedrich Engels Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Kondisi kaum proletar sangat menyedihkan karena dipaksa bekerja berjam-jam dengan upah minimum, sementara hasil pekerjaan mereka hanya dinikmati oleh kaum kapitalis. Banyak kaum proletar yang harus hidup di daerah pinggiran dan kumuh. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya "kepemilikan pribadi" dan penguasaan kekayaan yang didominasi orang-orang kaya. Untuk menyejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme diganti dengan paham komunisme. Bila kondisi ini terus dibiarkan, menurut Marx, kaum proletar akan memberontak dan menuntut keadilan. Inilah dasar dari marxisme. Marx juga  menegaskan bahwa emansipasi manusia hanya dapat dicapai dengan perjuangan kelas.

 Ada empat pemikiran Marxisme kontemporer yang telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pemikiran politik dunia saat ini yaitu teori sistem internasional, Gramscianisme, teori kritis, dan neo-Marxisme atau Marxisme baru. Para penganut teori sistem internasional diantaranya Hobson, Lexemburg, dan Hilferding berusaha mengaplikasikan paham Marxisme dalam studi Hubungan Internasional dan merupakan kritik atas imperialisme (Hobden & Jones, 2001). Pemikir teori sistem internasional lain seperti Lenin dan Wallerstein membagi negara di dunia menjadi tiga bagian: 1) Core adalah negara-negara dunia pertama atau negara maju yang telah berdiri sebelum Perang Dunia I terjadi. Negara tersebut adalah negara yang memiliki sistem ekonomi kapitalisme, pemerintahan yang demokratis, upah pekerja yang tinggi, mampu mengimpor bahan mentah dan mengeskpor barang hasil industri, investasi yang tinggi dan jaminan kesejahteraan bagi rakyat; 2) Semi Periphery adalah negara-negara dunia kedua yang berdiri setelah Perang Dunia I. Negara tersebut adalah negara dengan sistem pemerintahan yang teradang otoriter meskipun tida semua, mengekspor barang jadi dan bahan mentah serta mengimpor barang industri dan bahan mentah, upah pekerja yang rendah, dan jaminan kesejahteraan yang rendah; 3) Periphery adalah negara-negara dunia ketiga yang berdiri setelah Perang Dunia II. Negara tersebut kebanyakan memiliki pemerintahan yang tida demokratis, mengekspor bahan mentah dan mengimpor barang hasil industri, upah pekerja dibawah etentuan upah minimum regional, dan tidak ada layanan kesehatan ataupun jaminan kesejahteraan bagi rakyat.

Teori George Lucas

Reifikasi. Lucas dari awal menjelaskan  bahwa ia menolak pemikiran ekonomi Marxis mengenai reifikasi, tetapi mencoba memperluas dan mengembangkan pemikiran tersebut. Lukas memulai dengan konsep komoditi Marxian yang ia akui sebagai sebuah masalah structural penting dalam masyarakat kapitalis.

Teori neo-Marxian

      Secara historis adalah determinisme ekonomi, tetapi determinisme ekonomi kurang penting pada masa sekarang, khusunya bagi pemikir yang berorietasi sosiologis. Teori yang berdasarkan determinisme ini di tentang oleh berbagai jenis teori Marxian yang berkembang kemudian. Marxisme-Hegelian, terutama yang diwakili karya George Lukas adalah contoh yang menentang. Pendekatan ini mencoba mengatasi keterbatasan determinisme ekonomi dengan kembali ke akar subyektif Hegelian teori Marxian.

 

BAB III

    ISI

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Nama Garuda diambil dari nama burung tunganggan Dewa Wisnu dalam legenda perwayangan. Pada tahun 2007 maskapai ini dengan maskapai Indonesia lainya termasuk anaknya Garuda yaitu Citilink, dilarang terbang menuju Eropa karena kejadian yang menimpa pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 200. Setahun kemudian maskapai ini menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA. yang menunjukkan Garuda Indonesia telah memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional, Perbaikan layanan dan meningkatnya kualitas layanan maskapai membuat Garuda menjadi pemenang kategori "World's Most Improved Airline" dari Skytrax. 1 Juni 2010 menjadi hari bersejarah bagi Garuda, dimana pembukaan kembali rute Amsterdam dilaksanakan menggunakan pesawat Airbus A330-200 dengan perhentian di Dubai.

Pada bulan Juni 2012, Garuda Indonesia dengan klub sepak bola Liverpool FC, Inggris mengadakan perjanjian kerjasama dan kini merupakan sponsor global untuk Liverpool FC Tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat dua penghargaan dari Skytrax yaitu "World Best Economy Class" dan "World Best Economy Class Seat". Pada pertengahan tahun 2014 Garuda Indonesia mendapat penghargaan "World's Best Cabin Crew"

Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut. Menurut narasumber yang kami wawancarai dalam industry penerbangan, budaya keselamatan adalah spirit atau ruh industry yang menjadi acuan yang wajib dilaksanakan dalam setiap aktivitasnya. Karena menurutnya budaya keselamatan bukan hanya sekedar mendorong setiap personel bertindak aman dan selamat untuk diri sendiri, namun juga untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kemudian narasumber menceritakan dari beberapa kecelakaan penerbangan terbukti perilaku personel yang tidak memenuhi unsur keselamatan menjadi pemicu kecelakaan. Jika perilaku kerja menyimpang ini menyebar dan berkembang bahkan menjadi budaya, bukan tidak mungkin bencana lebih besar bakal terjadi yang dapat memicu kebangkrutan perusahaan. Karena itu langkah proaktif dan antisipasi selalu menjadi bagian dari aktifitas perawatan hingga berorientasi pada keselamatan. Implementasi program budaya keselamatan yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan aplikasi budaya keselamatan di lapangan.

Aspek lain yang mendorong implementasi budaya keselamatan adalah melalui promosi. Media promosi yang ada di perusahaan dapat digunakan untuk memaksimalkan terbentuknya budaya perusahaan hingga mengkrisal dalam perilaku setiap personel. Setiap individu yang terekspos secara terus menerus terhadap promosi keselamatan secara otomatis membuat konten promosi keselamatan dalam dirinya. Jika setiap individu mampu membuat konten keselamatan untuk diri sendiri, maka perilaku ini akan berjalan secara masif sehingga menjadi budaya keselamatan.

Promosi keselamat termasuk kedalam aktifitas pencegahan timbulnya kejadian accident atau incident yang tidak diinginkan. Upaya pencegahan lain yang dapat dibangun dalam industry penerbangan adalah kesadaran untuk selalu melaporkan potensi bahaya dalam lingkup pekerjaan sangat efektif dalam implementasi program keselamatan dilapangan sehingga mampu menurunkan maupun mencegah terjadinya incident dan accident. Terhadap accident atau incident yang sudah terjadi harus diambil penanganan yang efektif guna meminimalisir kerugian dan tetap mengacu pada aspek keselamatan yang mampu mengurangi dampak severitynya. Jika kejadian itu menyangkut perilaku kerja yang menyimpang, tidak ada jalan lain kecuali dilakukan langkah pencegahan.

Di dalam maskapai ini terdapat sekitar 3000 karyawan tetap dan 1000 karyawan tidak tetap dan jam masuk masing-masing karyawan ada yang sesuai jam kantor dan  ada yang shift sesuai dengan unitnya. Dalam setiap pesawat diperlukan 200 karyawan untuk mengerjakan pesawat apabila pesawat rusak dan dibutuhkan waktu 2-3 bulan untuk diperbaiki, kepemimpinan  structural garuda adalah dimulai dari direktur membawahi vice presiden kemudian general manager lalu manager dan karyawan. Termasuk dalam teori Marxisme kaum bonjour dan proletar. Bahwa hanya yang mempunya tanah dan pemegang kekuasan yang bisa mengatur dan memerintah kaum buruh. Tetapi kaum proletar disini tidak separah yang dijabarkan Marx bahwa kaum proletar tinggal ditempat yang kumuh, hanya yang termasuk dalam teori Marx adalah bahwa system  kepemimpinan yang dipakai Garuda adalah atasan dan bawahan.

 

 Aturan yang diterapkan kepada pegawai Garuda adalah:

 

1.      Ketika memasuki jadwal jam kerja setiap karyawan harus absen dengan menggunakan Finger Scan, Finger Scan ini berlaku untuk setiap karyawan ketika hendak datang dan pulang dari kantor.

 

2.      Setiap pegawai diwajibkan memakai seragam kerja dan safety shoes, oper coat, id card, jas pelindung,

 

3.      Setiap pelanggar yang melanggar akan dikenakan sanksi dan dari setiap sanksi mempunyai tingkatanya yaitu:

 

1.      Hanya berupa teguran

2.      Sanksi tertulis

3.      Skorsing dengan batasan waktu

 

4.      Setiap karyawan dilindungi oleh UUD ketenagakerjaan yag dimana dalamya adalah hasil musyawarah antara serikat karyawan dan Management

 

5.      Hak setiap karyawan mendapatkan gaju setiap bulan

 

6.      Mendapatkan cuti setiap tahun yang terdiri dari cuti ekstra, istimewa dan tahunan.

 

7.      Cuti tahunan didapat setahun sekali yang mempunyai masa kerja diatas satu tahun. Tetapi jika karyawan sudah melebihi masa 8 tahun bekerja akan mendapat cuti kerja 24 hari setiap ,asa kerjanya.

 

8.      Setiap karyawan mendapatkan hak kesehatan bagi keluarganya.

 

9.      Setiap karyawan mendapatkan hak untuk mendapatkan tiket penerbangan  secara gratis selama 3 kali dalam setahun.

 

10.  Masa bakti karyawan adalah setelah mencapai usia 56 tahun.

 

11.  Untuk para calon karyawan pensiun di sediakan pembekalan sebelum masa pensiun sekitar 5 tahun sebelum waktu pensiun.

 

12.  Setiap calon karyawan akan diseleksi secara ketat bagi yang lulus akan mengikuti pendidikan selama 2 tahun, pendidikan akan dilaksanakan didalam negeri meliputi pendidikan basic-basic peswat terbang dan melalui system gugur

 

13.  Setiap karyawan baru wajib mengikuti pendidkan sampai selesai

 

14.  Apabila nilai calon karyawan kurang dari Passing Grade akan diberi kesempatan untuk remedial satu kali.

 

15.  Apabila nilai calon karyawan tidak berubah dan masih belum mencapai Passing Grade akan dinyatakan gugur/tidak lolos

 

16.  Calon karyawan yang mengundurkan diri akan dikenakan denda berupa uang sebesar 100 juta.

 

17.  Karyawan yang dinyatakan lulus akan di tempatkan di seluruh Indonesia dan jenjang pendidikan akan terus selama bekerja, baik di dalam maupun luar negeri.

 

18.  Untuk karyawan teknik, harus mempunyai general laisance

 

19.  General Laisance kategori A yaitu: Pekerjaan meliputi rangka dan mesin pesawat

 

20.  General Laisance kategori C yaitu: avionic dan kelistrikan.

 

21.  Seorang teknisi di pesawat terbang wajib mempunya General Laisance.

 

22.  Apabila bekerja tidak mempunyai GL akan dikenakain UUD Penerbangan no.2 Tahun 2009 yang dikeluarkan oleh DSKU

 

23.  Selain GL ada juga Amel laisance dan rilismen, yaitu untuk merilis peswat layak terbang.

 

24.  Karyawan tidak boleh makan, merokok dan minuman berakohol di tempat kerja

 

25.  Karyawan wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

 

 

Unit-unit dalam pekerjaanya adalah Line Maintanance dan Base Maitanance untuk Line Maintanace bertugas untuk melakukan perbaikan-perbaikan pesawat yang didapat dari pilot pada saat terbang, dan biasanya adalah kerusakan-kerusakan kecil atau minoripire. Lalu Line Maintanance cukup banyak kantornya ada di hamper seluruh bandara Indonesia maupun di luar negeri. Dimana disebut jika diluar negeri adalah OSA. Base Maintanance berkkedudukan di hangar yang mana dari salah satunya adalah yang terbaik di Asia karena mampu menampung sekitar 16 pesawat. Dan juga telah dipercaya oleh dunia karena mempunya sertifikat FAA yang dikeluarkan oleh Amerika juga sertifikat dari Eropa yang bernama EASA. Seperti di Indonesia disebutnya DSKU atau direktorat sertifikasi kelayakan udara.

 

      Pada tahun 2000, Garuda membentuk anak perusahaan yang bernama Citilink yang menawarkan penerbangan dengan biaya murah ke kota-kota di Indonesia. Dengan adanya peristiwa-peristiwa nasional yang terjadi, seperti Serangan 11 September 2001, Bom Bali I dan Bom Bali II, wabah SARS, dan Bencana Tsunami Aceh 26 Desember 2004 serta peristiwa jatuhnya sebuah Boeing 737 di Yogyakarta berdampak masalah keuangan kembali terjadi di pihak Garuda. Setelah kembali menata krisis keuangan yang melanda Garuda. Garuda mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 11 Februari 2011. Selain itu, Garuda juga menjadi sponsor dalam pagelaran SEA Games 2011 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

 

KESIMPULAN

 

Memasuki tahun ke 70 tahun di industri penerbangan, Garuda Indonesia telah diakui sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia, dan banyak penghargaan bergengsi lainnya dari lembaga-lembaga yang dihormati di dunia seperti Skytrax yang berbasis di London. Dan berdasarkan observasi yang kia lakukan dan wawancara terhadap narasumber yang bersangkutan dapat di ambil kesimpulan bahwa Garuda mengambil system Karl Mark yang mana adanya system kepemimpinan atasan dan bawahan yang termasuk dalam kelas borjuis dan proletar.

 

                                    DAFTAR PUSTAKA

Teori Sosiologi Modern Edisi keenam, George Ritzer – Douglas J. Goodman

Observasi langsung dengan narasumber

Karyawan Garuda bagian Avionic dan perlistrikan (teknik pesawat)

 

 

 

 

 

 


 

 


 

 


 

 

 

 

 

 

Fatia Nurul Ismi KPI 1A (11150510000046)

Robiyatul Adawiyah Jurnalistik 1B (11150510000263)

 

 

                                                            BAB 1

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Kisah sukses sebuah perusahaan yang mampu bertahan hingga puluhan, bahkan ratusan tahun selalu menarik menjadi kajian. Apalagi jika perusahaan itu semakin berkembang pada usia yang tidak muda lagi. Begitu pula dengan perusahaan yang tumbuh dan berkembang tapi tidak mampu mempertahankan eksistensinya hingga akhirnya bangkrut.

Maskapai penerbangan Indonesia pada saat ini sudah memasuki penerbangan berkualitas dunia dan masuk ke dalam 7 besar penerbangan terbaik dunia, hanya satu dari beberapa maskapai penerbangan Indonesia yang masuk kedalam 7 besar penerbangan terbaik dunia yaitu Garuda Indonesia, Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut

 Beberapa  Alat transportasi udara ini pada bulan sebelumnya yaitu Desember 2014 mengalami banyak masalah dimulai dari pesawat yang jatuh ketika menuju Singapura yang jatuh di peraian Kalimantan dan memakan banyak korban jiwa, kemudian masalah beberapa maskapai yang meraup keuntungan menerbangkan pesawat tidak sesuai jadwalnya dan membuat para penumpang menjadi korban keterlambatan akibat beberapa maskapai yang melakukan tindak curang

 

 

                                                                  BAB II

                                                      TINJAUAN TEORITIS        

1.      Aliran Marxisme

Marxisme adalah sebuah paham yang berdasar pada pandangan-pandangan Karl Marx. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan system politikPengikut teori ini disebut sebagai Marxis.

Marxisme mencakup materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya pada kehidupan sosial . Marxisme merupakan dasar teori komunisme modern. Teori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang dibuat oleh Marx dan Friedrich Engels Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Kondisi kaum proletar sangat menyedihkan karena dipaksa bekerja berjam-jam dengan upah minimum, sementara hasil pekerjaan mereka hanya dinikmati oleh kaum kapitalis. Banyak kaum proletar yang harus hidup di daerah pinggiran dan kumuh. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya "kepemilikan pribadi" dan penguasaan kekayaan yang didominasi orang-orang kaya. Untuk menyejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme diganti dengan paham komunisme. Bila kondisi ini terus dibiarkan, menurut Marx, kaum proletar akan memberontak dan menuntut keadilan. Inilah dasar dari marxisme. Marx juga  menegaskan bahwa emansipasi manusia hanya dapat dicapai dengan perjuangan kelas.

 Ada empat pemikiran Marxisme kontemporer yang telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pemikiran politik dunia saat ini yaitu teori sistem internasional, Gramscianisme, teori kritis, dan neo-Marxisme atau Marxisme baru. Para penganut teori sistem internasional diantaranya Hobson, Lexemburg, dan Hilferding berusaha mengaplikasikan paham Marxisme dalam studi Hubungan Internasional dan merupakan kritik atas imperialisme (Hobden & Jones, 2001). Pemikir teori sistem internasional lain seperti Lenin dan Wallerstein membagi negara di dunia menjadi tiga bagian: 1) Core adalah negara-negara dunia pertama atau negara maju yang telah berdiri sebelum Perang Dunia I terjadi. Negara tersebut adalah negara yang memiliki sistem ekonomi kapitalisme, pemerintahan yang demokratis, upah pekerja yang tinggi, mampu mengimpor bahan mentah dan mengeskpor barang hasil industri, investasi yang tinggi dan jaminan kesejahteraan bagi rakyat; 2) Semi Periphery adalah negara-negara dunia kedua yang berdiri setelah Perang Dunia I. Negara tersebut adalah negara dengan sistem pemerintahan yang teradang otoriter meskipun tida semua, mengekspor barang jadi dan bahan mentah serta mengimpor barang industri dan bahan mentah, upah pekerja yang rendah, dan jaminan kesejahteraan yang rendah; 3) Periphery adalah negara-negara dunia ketiga yang berdiri setelah Perang Dunia II. Negara tersebut kebanyakan memiliki pemerintahan yang tida demokratis, mengekspor bahan mentah dan mengimpor barang hasil industri, upah pekerja dibawah etentuan upah minimum regional, dan tidak ada layanan kesehatan ataupun jaminan kesejahteraan bagi rakyat.

Teori George Lucas

Reifikasi. Lucas dari awal menjelaskan  bahwa ia menolak pemikiran ekonomi Marxis mengenai reifikasi, tetapi mencoba memperluas dan mengembangkan pemikiran tersebut. Lukas memulai dengan konsep komoditi Marxian yang ia akui sebagai sebuah masalah structural penting dalam masyarakat kapitalis.

Teori neo-Marxian

      Secara historis adalah determinisme ekonomi, tetapi determinisme ekonomi kurang penting pada masa sekarang, khusunya bagi pemikir yang berorietasi sosiologis. Teori yang berdasarkan determinisme ini di tentang oleh berbagai jenis teori Marxian yang berkembang kemudian. Marxisme-Hegelian, terutama yang diwakili karya George Lukas adalah contoh yang menentang. Pendekatan ini mencoba mengatasi keterbatasan determinisme ekonomi dengan kembali ke akar subyektif Hegelian teori Marxian.

 

BAB III

    ISI

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Nama Garuda diambil dari nama burung tunganggan Dewa Wisnu dalam legenda perwayangan. Pada tahun 2007 maskapai ini dengan maskapai Indonesia lainya termasuk anaknya Garuda yaitu Citilink, dilarang terbang menuju Eropa karena kejadian yang menimpa pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 200. Setahun kemudian maskapai ini menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA. yang menunjukkan Garuda Indonesia telah memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional, Perbaikan layanan dan meningkatnya kualitas layanan maskapai membuat Garuda menjadi pemenang kategori "World's Most Improved Airline" dari Skytrax. 1 Juni 2010 menjadi hari bersejarah bagi Garuda, dimana pembukaan kembali rute Amsterdam dilaksanakan menggunakan pesawat Airbus A330-200 dengan perhentian di Dubai.

Pada bulan Juni 2012, Garuda Indonesia dengan klub sepak bola Liverpool FC, Inggris mengadakan perjanjian kerjasama dan kini merupakan sponsor global untuk Liverpool FC Tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat dua penghargaan dari Skytrax yaitu "World Best Economy Class" dan "World Best Economy Class Seat". Pada pertengahan tahun 2014 Garuda Indonesia mendapat penghargaan "World's Best Cabin Crew"

Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut. Menurut narasumber yang kami wawancarai dalam industry penerbangan, budaya keselamatan adalah spirit atau ruh industry yang menjadi acuan yang wajib dilaksanakan dalam setiap aktivitasnya. Karena menurutnya budaya keselamatan bukan hanya sekedar mendorong setiap personel bertindak aman dan selamat untuk diri sendiri, namun juga untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kemudian narasumber menceritakan dari beberapa kecelakaan penerbangan terbukti perilaku personel yang tidak memenuhi unsur keselamatan menjadi pemicu kecelakaan. Jika perilaku kerja menyimpang ini menyebar dan berkembang bahkan menjadi budaya, bukan tidak mungkin bencana lebih besar bakal terjadi yang dapat memicu kebangkrutan perusahaan. Karena itu langkah proaktif dan antisipasi selalu menjadi bagian dari aktifitas perawatan hingga berorientasi pada keselamatan. Implementasi program budaya keselamatan yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan aplikasi budaya keselamatan di lapangan.

Aspek lain yang mendorong implementasi budaya keselamatan adalah melalui promosi. Media promosi yang ada di perusahaan dapat digunakan untuk memaksimalkan terbentuknya budaya perusahaan hingga mengkrisal dalam perilaku setiap personel. Setiap individu yang terekspos secara terus menerus terhadap promosi keselamatan secara otomatis membuat konten promosi keselamatan dalam dirinya. Jika setiap individu mampu membuat konten keselamatan untuk diri sendiri, maka perilaku ini akan berjalan secara masif sehingga menjadi budaya keselamatan.

Promosi keselamat termasuk kedalam aktifitas pencegahan timbulnya kejadian accident atau incident yang tidak diinginkan. Upaya pencegahan lain yang dapat dibangun dalam industry penerbangan adalah kesadaran untuk selalu melaporkan potensi bahaya dalam lingkup pekerjaan sangat efektif dalam implementasi program keselamatan dilapangan sehingga mampu menurunkan maupun mencegah terjadinya incident dan accident. Terhadap accident atau incident yang sudah terjadi harus diambil penanganan yang efektif guna meminimalisir kerugian dan tetap mengacu pada aspek keselamatan yang mampu mengurangi dampak severitynya. Jika kejadian itu menyangkut perilaku kerja yang menyimpang, tidak ada jalan lain kecuali dilakukan langkah pencegahan.

Di dalam maskapai ini terdapat sekitar 3000 karyawan tetap dan 1000 karyawan tidak tetap dan jam masuk masing-masing karyawan ada yang sesuai jam kantor dan  ada yang shift sesuai dengan unitnya. Dalam setiap pesawat diperlukan 200 karyawan untuk mengerjakan pesawat apabila pesawat rusak dan dibutuhkan waktu 2-3 bulan untuk diperbaiki, kepemimpinan  structural garuda adalah dimulai dari direktur membawahi vice presiden kemudian general manager lalu manager dan karyawan. Termasuk dalam teori Marxisme kaum bonjour dan proletar. Bahwa hanya yang mempunya tanah dan pemegang kekuasan yang bisa mengatur dan memerintah kaum buruh. Tetapi kaum proletar disini tidak separah yang dijabarkan Marx bahwa kaum proletar tinggal ditempat yang kumuh, hanya yang termasuk dalam teori Marx adalah bahwa system  kepemimpinan yang dipakai Garuda adalah atasan dan bawahan.

 

 Aturan yang diterapkan kepada pegawai Garuda adalah:

 

1.      Ketika memasuki jadwal jam kerja setiap karyawan harus absen dengan menggunakan Finger Scan, Finger Scan ini berlaku untuk setiap karyawan ketika hendak datang dan pulang dari kantor.

 

2.      Setiap pegawai diwajibkan memakai seragam kerja dan safety shoes, oper coat, id card, jas pelindung,

 

3.      Setiap pelanggar yang melanggar akan dikenakan sanksi dan dari setiap sanksi mempunyai tingkatanya yaitu:

 

1.      Hanya berupa teguran

2.      Sanksi tertulis

3.      Skorsing dengan batasan waktu

 

4.      Setiap karyawan dilindungi oleh UUD ketenagakerjaan yag dimana dalamya adalah hasil musyawarah antara serikat karyawan dan Management

 

5.      Hak setiap karyawan mendapatkan gaju setiap bulan

 

6.      Mendapatkan cuti setiap tahun yang terdiri dari cuti ekstra, istimewa dan tahunan.

 

7.      Cuti tahunan didapat setahun sekali yang mempunyai masa kerja diatas satu tahun. Tetapi jika karyawan sudah melebihi masa 8 tahun bekerja akan mendapat cuti kerja 24 hari setiap ,asa kerjanya.

 

8.      Setiap karyawan mendapatkan hak kesehatan bagi keluarganya.

 

9.      Setiap karyawan mendapatkan hak untuk mendapatkan tiket penerbangan  secara gratis selama 3 kali dalam setahun.

 

10.  Masa bakti karyawan adalah setelah mencapai usia 56 tahun.

 

11.  Untuk para calon karyawan pensiun di sediakan pembekalan sebelum masa pensiun sekitar 5 tahun sebelum waktu pensiun.

 

12.  Setiap calon karyawan akan diseleksi secara ketat bagi yang lulus akan mengikuti pendidikan selama 2 tahun, pendidikan akan dilaksanakan didalam negeri meliputi pendidikan basic-basic peswat terbang dan melalui system gugur

 

13.  Setiap karyawan baru wajib mengikuti pendidkan sampai selesai

 

14.  Apabila nilai calon karyawan kurang dari Passing Grade akan diberi kesempatan untuk remedial satu kali.

 

15.  Apabila nilai calon karyawan tidak berubah dan masih belum mencapai Passing Grade akan dinyatakan gugur/tidak lolos

 

16.  Calon karyawan yang mengundurkan diri akan dikenakan denda berupa uang sebesar 100 juta.

 

17.  Karyawan yang dinyatakan lulus akan di tempatkan di seluruh Indonesia dan jenjang pendidikan akan terus selama bekerja, baik di dalam maupun luar negeri.

 

18.  Untuk karyawan teknik, harus mempunyai general laisance

 

19.  General Laisance kategori A yaitu: Pekerjaan meliputi rangka dan mesin pesawat

 

20.  General Laisance kategori C yaitu: avionic dan kelistrikan.

 

21.  Seorang teknisi di pesawat terbang wajib mempunya General Laisance.

 

22.  Apabila bekerja tidak mempunyai GL akan dikenakain UUD Penerbangan no.2 Tahun 2009 yang dikeluarkan oleh DSKU

 

23.  Selain GL ada juga Amel laisance dan rilismen, yaitu untuk merilis peswat layak terbang.

 

24.  Karyawan tidak boleh makan, merokok dan minuman berakohol di tempat kerja

 

25.  Karyawan wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

 

 

Unit-unit dalam pekerjaanya adalah Line Maintanance dan Base Maitanance untuk Line Maintanace bertugas untuk melakukan perbaikan-perbaikan pesawat yang didapat dari pilot pada saat terbang, dan biasanya adalah kerusakan-kerusakan kecil atau minoripire. Lalu Line Maintanance cukup banyak kantornya ada di hamper seluruh bandara Indonesia maupun di luar negeri. Dimana disebut jika diluar negeri adalah OSA. Base Maintanance berkkedudukan di hangar yang mana dari salah satunya adalah yang terbaik di Asia karena mampu menampung sekitar 16 pesawat. Dan juga telah dipercaya oleh dunia karena mempunya sertifikat FAA yang dikeluarkan oleh Amerika juga sertifikat dari Eropa yang bernama EASA. Seperti di Indonesia disebutnya DSKU atau direktorat sertifikasi kelayakan udara.

 

      Pada tahun 2000, Garuda membentuk anak perusahaan yang bernama Citilink yang menawarkan penerbangan dengan biaya murah ke kota-kota di Indonesia. Dengan adanya peristiwa-peristiwa nasional yang terjadi, seperti Serangan 11 September 2001, Bom Bali I dan Bom Bali II, wabah SARS, dan Bencana Tsunami Aceh 26 Desember 2004 serta peristiwa jatuhnya sebuah Boeing 737 di Yogyakarta berdampak masalah keuangan kembali terjadi di pihak Garuda. Setelah kembali menata krisis keuangan yang melanda Garuda. Garuda mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 11 Februari 2011. Selain itu, Garuda juga menjadi sponsor dalam pagelaran SEA Games 2011 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

 

KESIMPULAN

 

Memasuki tahun ke 70 tahun di industri penerbangan, Garuda Indonesia telah diakui sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia, dan banyak penghargaan bergengsi lainnya dari lembaga-lembaga yang dihormati di dunia seperti Skytrax yang berbasis di London. Dan berdasarkan observasi yang kia lakukan dan wawancara terhadap narasumber yang bersangkutan dapat di ambil kesimpulan bahwa Garuda mengambil system Karl Mark yang mana adanya system kepemimpinan atasan dan bawahan yang termasuk dalam kelas borjuis dan proletar.

 

                                    DAFTAR PUSTAKA

Teori Sosiologi Modern Edisi keenam, George Ritzer – Douglas J. Goodman

Observasi langsung dengan narasumber

Karyawan Garuda bagian Avionic dan perlistrikan (teknik pesawat)

 

 

 

 

 

 


 

 


 

 


 

Fatia Nurul Ismi KPI 1A (11150510000046)

Robiyatul Adawiyah Jurnalistik 1B (11150510000263)

 

 

                                                            BAB 1

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Kisah sukses sebuah perusahaan yang mampu bertahan hingga puluhan, bahkan ratusan tahun selalu menarik menjadi kajian. Apalagi jika perusahaan itu semakin berkembang pada usia yang tidak muda lagi. Begitu pula dengan perusahaan yang tumbuh dan berkembang tapi tidak mampu mempertahankan eksistensinya hingga akhirnya bangkrut.

Maskapai penerbangan Indonesia pada saat ini sudah memasuki penerbangan berkualitas dunia dan masuk ke dalam 7 besar penerbangan terbaik dunia, hanya satu dari beberapa maskapai penerbangan Indonesia yang masuk kedalam 7 besar penerbangan terbaik dunia yaitu Garuda Indonesia, Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut

 Beberapa  Alat transportasi udara ini pada bulan sebelumnya yaitu Desember 2014 mengalami banyak masalah dimulai dari pesawat yang jatuh ketika menuju Singapura yang jatuh di peraian Kalimantan dan memakan banyak korban jiwa, kemudian masalah beberapa maskapai yang meraup keuntungan menerbangkan pesawat tidak sesuai jadwalnya dan membuat para penumpang menjadi korban keterlambatan akibat beberapa maskapai yang melakukan tindak curang

 

 

                                                                  BAB II

                                                      TINJAUAN TEORITIS        

1.      Aliran Marxisme

Marxisme adalah sebuah paham yang berdasar pada pandangan-pandangan Karl Marx. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan system politikPengikut teori ini disebut sebagai Marxis.

Marxisme mencakup materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya pada kehidupan sosial . Marxisme merupakan dasar teori komunisme modern. Teori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang dibuat oleh Marx dan Friedrich Engels Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Kondisi kaum proletar sangat menyedihkan karena dipaksa bekerja berjam-jam dengan upah minimum, sementara hasil pekerjaan mereka hanya dinikmati oleh kaum kapitalis. Banyak kaum proletar yang harus hidup di daerah pinggiran dan kumuh. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya "kepemilikan pribadi" dan penguasaan kekayaan yang didominasi orang-orang kaya. Untuk menyejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme diganti dengan paham komunisme. Bila kondisi ini terus dibiarkan, menurut Marx, kaum proletar akan memberontak dan menuntut keadilan. Inilah dasar dari marxisme. Marx juga  menegaskan bahwa emansipasi manusia hanya dapat dicapai dengan perjuangan kelas.

 Ada empat pemikiran Marxisme kontemporer yang telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pemikiran politik dunia saat ini yaitu teori sistem internasional, Gramscianisme, teori kritis, dan neo-Marxisme atau Marxisme baru. Para penganut teori sistem internasional diantaranya Hobson, Lexemburg, dan Hilferding berusaha mengaplikasikan paham Marxisme dalam studi Hubungan Internasional dan merupakan kritik atas imperialisme (Hobden & Jones, 2001). Pemikir teori sistem internasional lain seperti Lenin dan Wallerstein membagi negara di dunia menjadi tiga bagian: 1) Core adalah negara-negara dunia pertama atau negara maju yang telah berdiri sebelum Perang Dunia I terjadi. Negara tersebut adalah negara yang memiliki sistem ekonomi kapitalisme, pemerintahan yang demokratis, upah pekerja yang tinggi, mampu mengimpor bahan mentah dan mengeskpor barang hasil industri, investasi yang tinggi dan jaminan kesejahteraan bagi rakyat; 2) Semi Periphery adalah negara-negara dunia kedua yang berdiri setelah Perang Dunia I. Negara tersebut adalah negara dengan sistem pemerintahan yang teradang otoriter meskipun tida semua, mengekspor barang jadi dan bahan mentah serta mengimpor barang industri dan bahan mentah, upah pekerja yang rendah, dan jaminan kesejahteraan yang rendah; 3) Periphery adalah negara-negara dunia ketiga yang berdiri setelah Perang Dunia II. Negara tersebut kebanyakan memiliki pemerintahan yang tida demokratis, mengekspor bahan mentah dan mengimpor barang hasil industri, upah pekerja dibawah etentuan upah minimum regional, dan tidak ada layanan kesehatan ataupun jaminan kesejahteraan bagi rakyat.

Teori George Lucas

Reifikasi. Lucas dari awal menjelaskan  bahwa ia menolak pemikiran ekonomi Marxis mengenai reifikasi, tetapi mencoba memperluas dan mengembangkan pemikiran tersebut. Lukas memulai dengan konsep komoditi Marxian yang ia akui sebagai sebuah masalah structural penting dalam masyarakat kapitalis.

Teori neo-Marxian

      Secara historis adalah determinisme ekonomi, tetapi determinisme ekonomi kurang penting pada masa sekarang, khusunya bagi pemikir yang berorietasi sosiologis. Teori yang berdasarkan determinisme ini di tentang oleh berbagai jenis teori Marxian yang berkembang kemudian. Marxisme-Hegelian, terutama yang diwakili karya George Lukas adalah contoh yang menentang. Pendekatan ini mencoba mengatasi keterbatasan determinisme ekonomi dengan kembali ke akar subyektif Hegelian teori Marxian.

 

BAB III

    ISI

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Nama Garuda diambil dari nama burung tunganggan Dewa Wisnu dalam legenda perwayangan. Pada tahun 2007 maskapai ini dengan maskapai Indonesia lainya termasuk anaknya Garuda yaitu Citilink, dilarang terbang menuju Eropa karena kejadian yang menimpa pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 200. Setahun kemudian maskapai ini menerima sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari IATA. yang menunjukkan Garuda Indonesia telah memenuhi standar keselamatan penerbangan Internasional, Perbaikan layanan dan meningkatnya kualitas layanan maskapai membuat Garuda menjadi pemenang kategori "World's Most Improved Airline" dari Skytrax. 1 Juni 2010 menjadi hari bersejarah bagi Garuda, dimana pembukaan kembali rute Amsterdam dilaksanakan menggunakan pesawat Airbus A330-200 dengan perhentian di Dubai.

Pada bulan Juni 2012, Garuda Indonesia dengan klub sepak bola Liverpool FC, Inggris mengadakan perjanjian kerjasama dan kini merupakan sponsor global untuk Liverpool FC Tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat dua penghargaan dari Skytrax yaitu "World Best Economy Class" dan "World Best Economy Class Seat". Pada pertengahan tahun 2014 Garuda Indonesia mendapat penghargaan "World's Best Cabin Crew"

Pada tanggal 5 Maret 2014, Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliensi Skyteam sebagai anggotanya yang ke-20 peresmianya berlangsung di Denpasar, Bali. Pada tanggal 30 mei 2014 Garuda Indonesia melayani penerbang ke Amsterdam nonstop dengan menggunakan pesawat boeing 777-300ER, yang memiliki kabin terbaru dari semua armada. Pada tanggal 8 September 2014 Garuda Indonesia memperpanjang rute penerbanganya sampai ke London. Pada tanggal 11 September 2014, bertepatan dengan mundurnya Dirut Garuda yaitu Emirsyah Satar Garuda mendapat anugrah penghargaan sebagai maskapai berbintang 5 sedunia dan menjadi anggota dari 7 penerbangan maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut. Menurut narasumber yang kami wawancarai dalam industry penerbangan, budaya keselamatan adalah spirit atau ruh industry yang menjadi acuan yang wajib dilaksanakan dalam setiap aktivitasnya. Karena menurutnya budaya keselamatan bukan hanya sekedar mendorong setiap personel bertindak aman dan selamat untuk diri sendiri, namun juga untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kemudian narasumber menceritakan dari beberapa kecelakaan penerbangan terbukti perilaku personel yang tidak memenuhi unsur keselamatan menjadi pemicu kecelakaan. Jika perilaku kerja menyimpang ini menyebar dan berkembang bahkan menjadi budaya, bukan tidak mungkin bencana lebih besar bakal terjadi yang dapat memicu kebangkrutan perusahaan. Karena itu langkah proaktif dan antisipasi selalu menjadi bagian dari aktifitas perawatan hingga berorientasi pada keselamatan. Implementasi program budaya keselamatan yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan aplikasi budaya keselamatan di lapangan.

Aspek lain yang mendorong implementasi budaya keselamatan adalah melalui promosi. Media promosi yang ada di perusahaan dapat digunakan untuk memaksimalkan terbentuknya budaya perusahaan hingga mengkrisal dalam perilaku setiap personel. Setiap individu yang terekspos secara terus menerus terhadap promosi keselamatan secara otomatis membuat konten promosi keselamatan dalam dirinya. Jika setiap individu mampu membuat konten keselamatan untuk diri sendiri, maka perilaku ini akan berjalan secara masif sehingga menjadi budaya keselamatan.

Promosi keselamat termasuk kedalam aktifitas pencegahan timbulnya kejadian accident atau incident yang tidak diinginkan. Upaya pencegahan lain yang dapat dibangun dalam industry penerbangan adalah kesadaran untuk selalu melaporkan potensi bahaya dalam lingkup pekerjaan sangat efektif dalam implementasi program keselamatan dilapangan sehingga mampu menurunkan maupun mencegah terjadinya incident dan accident. Terhadap accident atau incident yang sudah terjadi harus diambil penanganan yang efektif guna meminimalisir kerugian dan tetap mengacu pada aspek keselamatan yang mampu mengurangi dampak severitynya. Jika kejadian itu menyangkut perilaku kerja yang menyimpang, tidak ada jalan lain kecuali dilakukan langkah pencegahan.

Di dalam maskapai ini terdapat sekitar 3000 karyawan tetap dan 1000 karyawan tidak tetap dan jam masuk masing-masing karyawan ada yang sesuai jam kantor dan  ada yang shift sesuai dengan unitnya. Dalam setiap pesawat diperlukan 200 karyawan untuk mengerjakan pesawat apabila pesawat rusak dan dibutuhkan waktu 2-3 bulan untuk diperbaiki, kepemimpinan  structural garuda adalah dimulai dari direktur membawahi vice presiden kemudian general manager lalu manager dan karyawan. Termasuk dalam teori Marxisme kaum bonjour dan proletar. Bahwa hanya yang mempunya tanah dan pemegang kekuasan yang bisa mengatur dan memerintah kaum buruh. Tetapi kaum proletar disini tidak separah yang dijabarkan Marx bahwa kaum proletar tinggal ditempat yang kumuh, hanya yang termasuk dalam teori Marx adalah bahwa system  kepemimpinan yang dipakai Garuda adalah atasan dan bawahan.

 

 Aturan yang diterapkan kepada pegawai Garuda adalah:

 

1.      Ketika memasuki jadwal jam kerja setiap karyawan harus absen dengan menggunakan Finger Scan, Finger Scan ini berlaku untuk setiap karyawan ketika hendak datang dan pulang dari kantor.

 

2.      Setiap pegawai diwajibkan memakai seragam kerja dan safety shoes, oper coat, id card, jas pelindung,

 

3.      Setiap pelanggar yang melanggar akan dikenakan sanksi dan dari setiap sanksi mempunyai tingkatanya yaitu:

 

1.      Hanya berupa teguran

2.      Sanksi tertulis

3.      Skorsing dengan batasan waktu

 

4.      Setiap karyawan dilindungi oleh UUD ketenagakerjaan yag dimana dalamya adalah hasil musyawarah antara serikat karyawan dan Management

 

5.      Hak setiap karyawan mendapatkan gaju setiap bulan

 

6.      Mendapatkan cuti setiap tahun yang terdiri dari cuti ekstra, istimewa dan tahunan.

 

7.      Cuti tahunan didapat setahun sekali yang mempunyai masa kerja diatas satu tahun. Tetapi jika karyawan sudah melebihi masa 8 tahun bekerja akan mendapat cuti kerja 24 hari setiap ,asa kerjanya.

 

8.      Setiap karyawan mendapatkan hak kesehatan bagi keluarganya.

 

9.      Setiap karyawan mendapatkan hak untuk mendapatkan tiket penerbangan  secara gratis selama 3 kali dalam setahun.

 

10.  Masa bakti karyawan adalah setelah mencapai usia 56 tahun.

 

11.  Untuk para calon karyawan pensiun di sediakan pembekalan sebelum masa pensiun sekitar 5 tahun sebelum waktu pensiun.

 

12.  Setiap calon karyawan akan diseleksi secara ketat bagi yang lulus akan mengikuti pendidikan selama 2 tahun, pendidikan akan dilaksanakan didalam negeri meliputi pendidikan basic-basic peswat terbang dan melalui system gugur

 

13.  Setiap karyawan baru wajib mengikuti pendidkan sampai selesai

 

14.  Apabila nilai calon karyawan kurang dari Passing Grade akan diberi kesempatan untuk remedial satu kali.

 

15.  Apabila nilai calon karyawan tidak berubah dan masih belum mencapai Passing Grade akan dinyatakan gugur/tidak lolos

 

16.  Calon karyawan yang mengundurkan diri akan dikenakan denda berupa uang sebesar 100 juta.

 

17.  Karyawan yang dinyatakan lulus akan di tempatkan di seluruh Indonesia dan jenjang pendidikan akan terus selama bekerja, baik di dalam maupun luar negeri.

 

18.  Untuk karyawan teknik, harus mempunyai general laisance

 

19.  General Laisance kategori A yaitu: Pekerjaan meliputi rangka dan mesin pesawat

 

20.  General Laisance kategori C yaitu: avionic dan kelistrikan.

 

21.  Seorang teknisi di pesawat terbang wajib mempunya General Laisance.

 

22.  Apabila bekerja tidak mempunyai GL akan dikenakain UUD Penerbangan no.2 Tahun 2009 yang dikeluarkan oleh DSKU

 

23.  Selain GL ada juga Amel laisance dan rilismen, yaitu untuk merilis peswat layak terbang.

 

24.  Karyawan tidak boleh makan, merokok dan minuman berakohol di tempat kerja

 

25.  Karyawan wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

 

 

Unit-unit dalam pekerjaanya adalah Line Maintanance dan Base Maitanance untuk Line Maintanace bertugas untuk melakukan perbaikan-perbaikan pesawat yang didapat dari pilot pada saat terbang, dan biasanya adalah kerusakan-kerusakan kecil atau minoripire. Lalu Line Maintanance cukup banyak kantornya ada di hamper seluruh bandara Indonesia maupun di luar negeri. Dimana disebut jika diluar negeri adalah OSA. Base Maintanance berkkedudukan di hangar yang mana dari salah satunya adalah yang terbaik di Asia karena mampu menampung sekitar 16 pesawat. Dan juga telah dipercaya oleh dunia karena mempunya sertifikat FAA yang dikeluarkan oleh Amerika juga sertifikat dari Eropa yang bernama EASA. Seperti di Indonesia disebutnya DSKU atau direktorat sertifikasi kelayakan udara.

 

      Pada tahun 2000, Garuda membentuk anak perusahaan yang bernama Citilink yang menawarkan penerbangan dengan biaya murah ke kota-kota di Indonesia. Dengan adanya peristiwa-peristiwa nasional yang terjadi, seperti Serangan 11 September 2001, Bom Bali I dan Bom Bali II, wabah SARS, dan Bencana Tsunami Aceh 26 Desember 2004 serta peristiwa jatuhnya sebuah Boeing 737 di Yogyakarta berdampak masalah keuangan kembali terjadi di pihak Garuda. Setelah kembali menata krisis keuangan yang melanda Garuda. Garuda mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 11 Februari 2011. Selain itu, Garuda juga menjadi sponsor dalam pagelaran SEA Games 2011 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

 

KESIMPULAN

 

Memasuki tahun ke 70 tahun di industri penerbangan, Garuda Indonesia telah diakui sebagai Maskapai Penerbangan Regional Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia, Maskapai Penerbangan dengan Kru Kabin Terbaik di Dunia, dan banyak penghargaan bergengsi lainnya dari lembaga-lembaga yang dihormati di dunia seperti Skytrax yang berbasis di London. Dan berdasarkan observasi yang kia lakukan dan wawancara terhadap narasumber yang bersangkutan dapat di ambil kesimpulan bahwa Garuda mengambil system Karl Mark yang mana adanya system kepemimpinan atasan dan bawahan yang termasuk dalam kelas borjuis dan proletar.

 

                                    DAFTAR PUSTAKA

Teori Sosiologi Modern Edisi keenam, George Ritzer – Douglas J. Goodman

Observasi langsung dengan narasumber

Karyawan Garuda bagian Avionic dan perlistrikan (teknik pesawat)

 

 

 

 

 

 


 

 


 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini