Selasa, 01 Desember 2015

Tugas Observasi / Muhammad Badruzzaman (KPI 1A_11150510000041) / Eka Nurbaeti Ardila (Jurnalistik 1B_11150510000236)

Muhammad Badruzzaman / KPI 1A (11150510000041)

Eka Nurbaeti Ardila / Jurnalistik 1B (11150510000236)

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang tiada terkira, karena atas limpahan karunianya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas observasi lapangan. Harapan kami semoga tugas ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca.

Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor dan yang terpenting harus kreatif dan bisa berinovasi dalam mengembangkan pasar. Pelaku bisnis yang tangguh mampun bersaing dengan para pebisnis lainnya pada setiap perubahan, meski tantangan yang datang semakin berat, bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi motivasi untuk memecahkannya sehingga, usaha dapat semakin berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya semakin baik.

Dalam tugas saat ini kami menggunakan teori Karl Marx yang membahas tentang teori sosiologi ekonomi. Objek sosiologi dalam tugas ini adalah seseorang yang mempunyai bengkel yang berawal dari online shop barang-barang modifikasi mobil. Untuk mempunyai bengkel seperti sekarang ini membutuhkan proses yang sangat panjang.

Metode Penilitian

Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, kami mempergunakan metode observasi atau teknik pengamatan langsung ke lokasi, teknik wawancara kepada narasumber dan teknik studi kepustakaan atau studi pustaka. Wawancara adalah suatu cara mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau autoritas atau seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah. Dalam melakukan wawancara dengan narasumber kami sangat berhati-hati untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan.

Obrservasi merupakan salah satu teknik mengupulkan data yang tidak hanya mengukur sikap dari narasumber, namun juga dapat digunakan untuk mengabadikan berbagai situasi yang terjadi. Dalam makalah ini kelompok kita menggunakan teknik observasi terus terang atau tersemara. Dalam teknik observasi ini kami berterus terang kepada narasumber bahwa sedang melakukan penelitian. Tetapi dalam suatu saat kami juga tidak terus terang kepada narasumber untuk memperoleh data yang sifatnya rahasia. Kemungkinan jika dilakukan dengan terus terang maka penelitian tidak akan diizinkan untuk melakukan observasi.

TINJAUAN TEORITIS

-         Pengertian Marxisme

      Marxisme adalah sebuah paham dari pemikiran-pemikiran Karl Marx. Teori ini merupakan dasar teori kominisme modern. Tori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang di buat oleh Marx dan Friedhch Engels. Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum atau kapital mengorbankan kaum proletar untuk menjadi kaya. Kemudian mereka tidak pernah mempedulikan keadaan kaum proletar yang sangat memprihatinkan. Kaum proletar disuruh tuk bekerja keras dengan upah yang minimum. Sedangkan hasilnya hanya bisa di nikmati oleh kaum borjuis. Banyak kaum proletar yang hidup di pinggir jalan dan kumuh. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya kepemilikan pribadi dan penguasa kekayaan yang di dominasi oleh orang-orang kaya yang mempunyai modal. Untuk mensejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme diganti dengan paham komunisme. Karena bila kondisi ini terus dibiarkan maka kaum proletar akan membrontak dan menuntut keadilan.

- Tokoh-Tokoh Marxisme Dan pemikiranya.

A. Karl Marx

Karl Marx adalah tokoh pertama dalam teori ini bahkan Dialah yang mencetuskan paham ini. Ia lebih di kenal sebagai seorang tokoh sejarah ekonomi, ahli filsafat dan aktivis yang mengembangkan teori mengenai sosiologi yang di kenal dengan Marxisme fikiran utama dari Marx. Marx berpendapat bahwa sejarah manusia merupakan perjuangan perkembangan kelas dalam kapitalisme yaitu kelas kaum borjuis dan kelas proletar. Marx juga berpandat bahwa suatu aat kaum proletar akan sadar akan kepentingan bersama sehingga akan bersatu dan membrontak pada kaum borjuis yang dinamakan dengan perjuangan kelas kemudian kaum proletar akan membentuk suatu masyakat tanpa adanya kelas atau masyarakat yang semuanya berkedudukan sama, tidak ada yang jadi atasan maupun yang jadi bawahan.

Meskipun pandangan Marx tidak pernah teruwujud, namun pemikiran Marx mengenai strafikasi social dan konflik tetap berpengaruh terhadap pemikiran sejumlah besar ahli sosiologi. Pemikiran Marx tersebut mengarah pada perubahan sosial yang melanda Eropa Barat sebagai dampak perkembangan pembagian kerja khususnya yang terkait dengan kapitalisme. Beberapa pemikiran-pemikiran Karl Marx, diantaranya sebagai berikut :

·         Sejarah dari semua yang ada sampai sekarang adalah sejarah perjuangan kelas. Dimana perjuangan kelas sudah di jelaskan di atas , yang berarti kaum proletar akan bersatu dan membrontak kaum borjuis, dan kemudian kaum proletar akan membentuk suatu masyarakat tidak ada kelas. Memang itu masih ada pada masa sekarang, contohhnya saja di Negara kita, salah satunya pabrik sepatu. Para pekerja berdemo di depan kantor karena para pekerja mendapat upah yang sedikit.

·         Kapitalisme seperti sistem sosial-ekonomi sebelumny, pasti akan menghasilkan ketegangan internal yang akan mengarah kepada kehancuran.

·         Kapitalisme akan berakhir melalui tindakan yang terorganisir internasional kelas buruh. Komunisme adalah untuk kita, bukanlah keadaan yang didirikan yang ideal dan realitas harus menyesuaikan diri. Karl Marx menyebut komunisme sebagai yang sesungguhnya gerakan yang menghapus keadaan sekarang.

B. Erich Seligman Fromm

Erich Fromm lahir pada tanggal 23 Maret 1900, di Frankfurt Am main. Erich adalah seorang terkenal internasional psikolog sosial, psiokoanalis, humanistic filsuf, dan demokrasi sosialis. Fromm percaya bahwa kebebasan adalah salah satu aspek sifat manusia bahwa kita dapat menerima atau melarikan diri. Dia juga mengamati menganut kebebasan kita akan sehat, sedangkan kebebasan melarikan diri melalui penggunaan mekanisme, melarikan diri adalah akar dari konflik psikologis. Melarikan diri ada tiga mekanisme yang di uraikan Fromm adalah robot kesesuaian, otoritarianisme, dan merusak, robot sesuai dengan merubah diri ideal seseorang untuk apa yang dianggap sebagai jenis yang disukai masyarakat kepribadian, kehilangan seseorang yang sejati. Penggunaan sesuai memindahkan beban pilihan dari diri sendiri kepada masyarakat.

Otoriterisme adalah membiarkan diri dikendalikan oleh orang lain. Hal ini menghilangkan kebebasan memilih hampir seluruhnya dengan mengirim kebebasan kepada orang lain. Terakhir, destruktif adalah setiap proses yang mencoba untuk menghilangkan orang lain atau dunia secara keseluruhan untuk menghindari kebebasan. Fromm mengatakan bahwa kehancuran dunia adalah yang terakhir hampir putus asa mencoba menyelamatkan diri agar tidak hancur oleh itu

-         Pengertian Neo-Marxisme.

Neo-marxisme adalah istilah yang lonngga untuk berbagai abad kependekatan yang mengamandemen atau memperpanjang Marxisme dan teori Marxis, biasanya dengan memasukkan unsure-unsur dari tradisi intelektual lain, seperti teori kritis atau psikoanalisis. - - Tokoh-tokoh Neo-Marxis dan Pemikiran-pemikirannya.

A. Jurgen Habermas.

Jurgen Habermas adalah seorang sosiolog jerman dan filsuf dalam tradisi teori kritis dan Amerika. Jurgen lahir di Dusseldorf, Nordrhein-Westfalen, pada tahun 1929. Dalam sosilogi, Habermas menyumbang utama pembangunan yang komprehensif teori evolusi sosial dan modernisasi focus pada perbedaan antara rasionalitas dan rasionalisi di satu sisi dan strategis/ intrusmental rasionalitas dan rasionalisi di pihak lain. Ini termasuk dari sudut pandang komunikatif diferensiasi berbasis teori tentang sistem sosial yang dikembangkan oleh Niklas Luhmann, seorang mahasiswa dari Talcott Parsons.

Habermas memperkenalkan konsep "rekontruksi ilmu" dengan tujuan ganda. Menempatkan "teori umum masyarakat" antara filsafat dan ilmu sosial dan membangun kembali keritikan antara "theorization besar" dan "riset empiris". Model rekontruksi rasional memawakili benang utama survey tentang struktur dunia kehidupan (budaya, masyarakat, dan kepribadian) dan masing-masing fungsi (reproduksi budaya, integrasi sosial dan sosialisasi).

Dalam The Structural Transformasi of Public Sphere Jurgen Habermas mengembangkan konsep berpengaruh lingkup public, yang muncul pada abad 18 di Eropa sebagai ruang diskusi kritis, terbuka bagi semua di mana orang-orang swasta yang datang bersama-sama untuk membentuk sebuah masyarakat, akan bekerja sebagai cek pada kekuasaan Negara. Habermas mengidenfikasi representasi budaya sebagai feodal yang sesuai dengan tahap perkembangan menurut teori Marx mengatakan bahwa kedatangan kapitalis tahap perkembangan menandai penampilan Offentlicheit (ranah public).

B. Ludwig Wiesengrund Theodor Adorno.

Adorno lahir di Frankfurt sebagai anak tunggal dari Oscar Alexander Wiesengrund seorang pedagang anggur yang kaya dari keturunan Yahudi (dikonversi menjadi Prosestan) dan Katolik Maria penyanyi Barbara. Ia berpendapat bahwa kapitalisme maju berhasil mengandung atau melikuidasi kekuatan-kekuatan yang akan mungkin mengubah kapitalis menjadi sosialisme , telah beralu. Adorno juga berpendapat bahwa kapitalisme telah menjadi tertanam melalui serangan terhadap dasar objektif kesadaran revolusioner dan melalui serangan terhadap dasar objektif kesadaran revolusioner dengan melalui likuidasi individualisme yang menjadi dasar kesadaran kritis. Adorno melihat industry budaya sebagai arena dimana kecenderunagn atau potensi-potensi kritis dihilangkan. Dia berpendapat bahwa industry budaya yang diproduksi dan diedarkan komoditas budaya melalui media massa, memanipulasi populasi.

Hasil Observasi Lapangan

A.    Profil Umum Narasumber

Nama: Azzam

Tempat lahir: Pemalang

Riwayat pendidikan:

1. TK Salman

2. MI Madarasah Pembangunan UIN Jakarta

3. MTS Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

4. MA Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Alamat sekarang: Jl. Legoso Raya Komplek Griya Pesona Rama Blok C no.9 Ciputat – Tangerang Selatan.

Hoby: Otomotif

Motto: Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia.

B.     Lokasi kajian

Kami membuat janji dengan narasumber disebuah restaurant di daerah Jakarta untuk melakukan wawancaara. Sebelumnya kami sudah mempersiapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan kami ajukan kepada narasumber. Kami merekam dan mencatat semua jawaban-jawaban dari narasumber dari pertanyaan yang kami ajukan.

Setelah melakukan wawancara dan makan siang, kami di ajak oleh narasumber ke salah satu cabang bengkelnya yang berada di daerah bintaro. Kami melihat langsung suasana bengkel, pada saat itu terlihat cukup ramai dan cukup banyak karyawan yang sedang berkerja.

C.     Analisis Hasil

Berawal dari hobi kemudian menjadi bisnis inilah yang dilakukan oleh Bapak Azzam selaku pemilik bengkel mobil Seventeenshopcar "Awalnya saya hanya iseng saja karena hobi saya dibidang otomotif maka saya salurkan segala yang saya tahu tentang modifikasi mobil". Sekarang bengkel yang dikelola oleh bapak Azzam sudah meiliki 1 Cabang, pusatnya yang ada di kawasan Bintaro Sektor Sembilan dan sekarang sudah membuka cabang di daerah Pondok Cabe.

Bengkel Seventeenshopcar tidak hanya melakukan service rutin saja tetapi melakukan modifikasi mulai dari kaki-kaki sampai kepada performa mesin. Sudah banyak hasil racikan dari bengkel Seventeenshopcar yang menjadi juara baik  ketika perlombaan Drag Rice maupun Slalom. Bengkel Seventeenshopcar juga cukup terkenal dikalangan pemuda yang menyukai modifikasi mobil karena bengkel ini mempunyai promo-promo yang cukup menarik bagi customernya seperti, promo bagi pelajar dengan menunjukkan kartu tanda pelajar baik itu SMA ataupun Mahasiswa mereka akan mendapatkan potongan 20% dengan minimum pembelian Rp1.000.000,-

            Promo yang lainnya seperti, pembuatan kartu member tanpa dikenakan biaya yang akan mendapatkan promo yang sedang berlaku pada saat itu, dengan minimum pembelian Rp2.000.000,-. Selain melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki dan performa mesin, bengkel ini juga dapat melakukan modifikasi pada bagian audio, dengan mendapatkan piala pada event HIN 2014 kategori Best SQL, sudah menunjukkan bahwa bengkel Seventeenshopcar tidak main-main dalam memodifikasi Audio. Masih banyak hasil racikan bengkel yang dikelola oleh Bapak Azzam yang dapat dibanggakan.

            Pada awalnya pemilik bengkel tidak terfikirkan bisa mendirikan bengkel seperti sekarang ini, karena pada awalnya kegiatan yang dilakukan oleh Bapak Azzam sangat ditentang oleh kedua orang tuanya dengan asumsi bahwa anak mobil sudah dipandang buruk terlebih dahulu dengan pergaulan yang bebas. Tetapi Bapak Azzam dapat membuktikan bahwa tidak semua anak mobil bertingkah laku buruk, mereka dapat melakukan hal yang positif bahkan mereka dapat memberikan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa dalam bidang otomotif.

            Dengan tidak didukung oleh kedua orang tuanya maka Bapak Azzam tidak mendapatkan modal dari kedua orang tuanya. Melihat peluang pada saat itu Online Shop yang sedang ramai menjadi perbincangan banyak orang maka Bapak Azzam membuka toko online dengan menjual barang-barang modifikasi mobil yang diambil langsung dari suplier. Sedikit demi sedikit keuntungan dari Online Shop yang dikelola pada saat itu sudah cukup untuk menjadi modal awal membuka bengkel mobil dan tentunya dengan pinjaman ke bank.

            Pada saat ini total seluruh karyawan yang berkerja pada bengkel yang dikelola oleh Bapak Azzam mencapai 20 orang. Hampir seluruh karyawan mendapatkan tempat tinggal yang layak dan diberikan makanan yang cukup, dengan rata-rata mereka diberikan gaji sebesar Rp.2.800.000,- / bulannya.  Tidak terbayang  berapa banyak penghasilan Bapak Azzam yang didaptkan setiap bulannya, ketika kami bertanya kepada beliau, beliau menjawab dikisaran angka 40 sampai 50 perbulannya. Angka itu cukup fantastis dibandingkan dengan umur dan gelar beliau pada saat ini. Beliau yang sekarang berumur 21 tahun dan hanya tamat SMA bisa dibilang cukup sukses dalam kalangannya.

KESIMPULAN

            Ketika Bapak Azzam memiliki keinginan yang sangat kuat untuk membuka bengkel maka beliau melakukan apaun caranya dengan mengumpulkan modal awal berjualan secara online dan ketika sudah cukup terkumpul maka dibuatlah bengkel dengan konsep yang sangat menarik.

Melalui teori Marxisme dan Neo-marxisme di harapkan, dalam kehidupan ini tidak terjadi kesenjangan ekonomi dan pembagian kelas. semua manusia di dalam bermasyarakat dalam hakekatnya adalah sama. Tidak yang lebih tinggi kedudukannya dan tidak dapat digolongkan berdasarkan banyak uang.

DAFTAR PUSTAKA

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Setiadi, Elly M. 2011. PengantarSosiologi. Jakarta: Prenadamedia Group

Nasrullah Nazsir. 2008. Teori-Teori Sosiologi.Bandung: Widya Padjadjaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini